Konsultan ISO 17025 Berpengalaman dan Tersertifikasi

konsultan iso 17025
Gambar : Kegiatan bimbingan akreditasi laboratorium oleh Konsultan Labmutu Learning Centre

Konsultan ISO 17025 adalah personel yang akan membantu dan membimbing proses akreditasi laboratorium Anda agar lebih mudah dan cepat dalam mendapatkan sertifikat akreditasi ISO 17025 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Konsultan yang terlibat adalah personel yang telah berpengalaman dibidang penerapan sistem manajemen mutu laboratorium pengujian dan kalibrasi. Selain itu tenaga ahli yang terlibat dalam persiapan akreditasi Anda telah tersertifikasi kompetensinya oleh Badan Nasional Sertifikasi Personel (BNSP).

Oleh sebab itu, kami sangat yakin dapat membantu proses persiapan akreditasi iso 17025 di Laboratorium Anda sekalian melalui:

  • Metode yang praktis;
  • Tepat sasaran;
  • Mengacu pada kompetensi standar yang di tetapkan oleh ISO/IEC 17025: 2017;
  • Sistem manajemen laboratorium yang telah berjalan.

Kami menyadari bahwa mengubah cara kerja yang biasa dilakukan dengan standar yang baru (ISO 17025 2017) tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, maka kami senantiasa memberikan bimbingan dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme kepada Klien untuk selalu melaksanakan sistem yang telah berjalan merujuk pada Standar ISO 17025.

Harapan kita semua, dengan komitmen antara Konsultan dengan Klien untuk bekerja sama dalam menerapkan sistem manajemen mutu laboratorium pengujian dan kalibrasi maka target yang telah ditetapkan dapat tercapai pada proses akreditasi di KAN.

Kenapa Harus Menerapkan ISO 17025?

Jika dalam benak Anda timbul pertanyaan demikian, sama halnya anda menanyakan kenapa harus Sekolah?.

Nah, sudah mulai terfikir belum mengapa kita sebagai Laboratorium Penguji (LP) atau Laboratorium Kalibrasi (LK) harus menerapkan ISO 17025.

Namun sebelum kita bahas, kami ingin menginformasikan bahwa penerapan ISO 17025 sebenarnya bukanlah menjadi suatu kewajiban melainkan sukarela. Namun, ketika kita sebagai LP atau LK memutuskan untuk menerapkan sistem tersebut ke dalam laboratorium kita, maka disitulah kita wajib menerapkan setiap persyaratan yang tertuang dalam ISO/IEC 17025: 2017.

Beberapa alasan yang menjadi dasar mengapa suatu LP atau LK harus menerapkan ISO/IEC 17025: 2017:

  • Persyaratan Global: Kegiatan impor atau ekspor senantiasa melibatkan lembaga penjamin kualitas yaitu laboratorium, tentunya LPK tersebut harus memiliki sistem manajemen yang sesuai dengan ISO 17025
  • Regulasi Pemerintah: Setiap badan usaha yang menjalankan usahanya bidang pengujian, testing atau pengukuran laboratorium (pengujian atau kalibrasi) harus mengimplementasikan ISO 17025.
  • Persyaratan Pelanggan: Setiap pengguna jasa laboratorium, menginginkan data yang diperoleh adalah berasal dari laboratorium yang telah terakreditasi ISO 17025.
  • Persyaratan Tender: Mungkin anda sudah pernah mendapatkan tender untuk pengujian atau kalibrasi suatu material, Nah user tersebut akan memberikan syarat bahwa laboratorium yang terlibat sudah harus terakreditasi ISO 17025.
  • Persaingan Pasar: Sejak dibukanya pasar bebas melalui program Masyarakat Ekonom Asean, kita sebagai Laboratorium bisa memanfaatkan momen ini untuk berkembang, namun user juga menginginkan bahwa kita sebagai lembaga penjamin kualitas, harus terakreditasi.

Tahap Konsultasi dan Bimbingan ISO 17025

Analisa Kesenjangan (Gap Analysis)

Analisa kesenjangan merupakan tahap awal yang kami tawarkan kepada Anda. Tahap ini konsultan akan memeriksa semua aspek di laboratorium terhadap pekerjaan yang masih/belum sesuai dengan persyaratan sistem manajemen mutu laboratorium ISO 17025.

Pelatihan Peningkatan Kompetensi Personel

Konsultan akan memberikan materi pelatihan dan sertifikat (bukti kompetensi) dengan topik pelatihan sebagai berikut:

  1. Pemahaman Dasar dan Penerapan ISO/IEC 17025:2017
  2. Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen Mutu
  3. Jaminan Mutu Laboratorium
  4. Uji Banding/Uji Profisiensi Laboratorium
  5. Validasi/Verifikasi Metode
  6. Estimasi Ketidakpastian Pengukuran
  7. Audit Internal Laboratorium
  8. Kaji Ulang Manajemen

Penyusunan Dokumen Sistem Manajemen

Setelah semua personel telah memahami dasar-dasar kompetensi dalam penerapan ISO 17025, berikutnya Konsultan akan menyusun dokumen mutu laboratorium, meliputi:

  1. Panduan Mutu
  2. Prosedur Mutu
  3. Instruksi Kerja Teknis
  4. Instruksi Kerja Alat
  5. Instruksi Kerja Umum
  6. Formulir Implementasi
  7. Daftar Induk Dokumen

Implementasi

Tahap implementasi merupakan penerapan dan pengaturan sistem kerja di laboratorium sesuai dengan persyaratan ISO 17025 dengan beberapa pekerjaan yaitu:

  1. Penanganan Bahan Uji atau Kalibrasi
  2. Validasi/Verifikasi Metode
  3. Mengestimasi Ketidakpastian Pengukuran
  4. Penerapan Jaminan Mutu (Penggunaan Bahan Acuan, Control Chart, Replikasi, Uji Profisiensi/Uji Banding, dan lain-lain
  5. Kalibrasi Peralatan
  6. Audit Internal Laboratorium
  7. Kaji Ulang Manajemen

Pemenuhan Registrasi dan Asesmen

Setelah semua sistem dan pekerjaan telah diimplementasikan sesuai dengan kebiijakan dan prosedur maka tahap berikutnya:

  1. Persiapan dokumen persyaratan registrasi di sistem KANMIS
  2. Pemenuhan dan upload dokumen pendukung di sistem KANMIS
  3. Perbaikan audit kelayakan
  4. Perbaikan audit kecukupan
  5. Pra asesmen oleh Konsultan
  6. Perbaikan temuan ketidaksesuaian dari hasil asesmen oleh KAN

Klien Kami

KLIEN LABMUTU

Informasi Yang Sering Ditanyakan (FAQ)

Jika Anda penasaran atau ada yang ingin ditanyakan terkait Konsultan ISO 17025, silahkan chat Whatsapp ke nomor 0821-7254-5061 atau bisa mengisi formulir paling bawah.

Jangka waktu pekerjaan konsultasi dan bimbingan hingga sampai registrasi ke sistem KANMIS, di estimasikan selama 6 bulan sejak tanda tangan kontrak. Namun waktu mendapatkan Sertifikat Akreditasi dari KAN, tergantung dari banyaknya antrian akreditasi di KAN.

Sertifikat akan diterbitkan secara langsung oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), adapun tugas kami sebagai pendamping dan konsultan adalah membantu Klien untuk pelatihan kompetensi, penyusunan dokumen, implementasi dan registrasi.

Kami selaku konsultan akan membantu Klien semaksimal mungkin dan memberikan JAMINAN bahwa laboratorium Anda akan terkareditasi dan mendapatkan sertifikat pengakuan ISO/IEC 17025: 2017 dari KAN.

Biaya konsultasi dan bimbingan tergantung dari paket yang Anda pilih berdasarkan ruang lingkup yang kami tawarkan. Tentunya hal ini bergantung pada kesiapan sistem dari Laboratorium Anda.

Kami memberikan waktu luang bagi yang ingin berdiskusi kepada Konsultan Kami. Jika berminat ingin melakukan konsultasi perdana, silahkan tanyakan terlebih dahulu kepada Admin melalui Chat Whatsapp ke nomor 0821-7254-5061.

Ruang lingkup jasa terkait penerakan ISO 17025 dan Akreditasi Laboratorium adalah Lembaga Training Kompetensi dan Template Dokumen Mutu Laboratorium (Panduan Mutu, Prosedur Mutu dan Formulir Implementasi).

Segera Hubungi Kami Untuk Konsultasi

Jika Anda penasaran atau ada yang ingin ditanyakan terkait Konsultan ISO 17025, silahkan kontak kami melalui:

Ingin Konsultasi Gratis?

Silahkan ajukan permohonan dengan klik tombol berikut:

Galeri Kegiatan