Istilah dan Definisi Didalam Penerapan ISO 17025 tahun 2017

istilah dan definisi iso 17025

Istilah dan Definisi ISO 17025 – Suatu Laboratorium pengujian maupun kalibrasi memiliki beberapa istilah umum yang digunakan dalam menjalankan kompetensi sebagai laboratorium terakreditasi. Dokumen ini merupakan penjelasan istilah umum yang terdapat di dalam dokumen panduan mutu yang menjadi standar bagi laboratorium menetapkan kompetensi.

Istilah-istilah ini digunakan dalam peningkatan kompetensi baik dalam pengertian-pengertian umum laboratorium maupun spesifik.

Sebagai contoh: Panduan mutu adalah dokumen yang menyatakan kebijakan mutu dan menguraikan sistem mutu laboratorium.

Contoh lainnya : penerima contoh merupakan personel yang bertugas untuk menerima contoh dari pelanggan serta mediator antara pelanggan dengan personel laboratorium.

Penjelasan dari istilah diatas tertuang dalam dokumen Klausul 3 tentang istilah dan defenisi. Dalam tujuannya dokumen ini untuk mendukung tujuan dari dokumen ISO/IEC 17025:2017.

Beberapa istilah yang tertuang juga merujuk dari dokumen ISO/IEC Guide 99 serta ISO/IEC 17000 yang masih berlaku.

1. Ketidakberpihakan

Laboratorium harus objektif yang terbebas dari konflik kepentingan yang berpengaruh buruk terhadap laboratorium.

Istilah-istilah lain bagian dari penjelasan ketidakberpihakan yaitu:

  • Tidak adanya kepentingan
  • Tidak adanya bias
  • Tidak adanya prasangka
  • Bersifat netral
  • Transparansi
  • Bersikap adil

2. Keluhan

Yaitu ekspresi ketidakpuasan oleh orang atau badan terhadap proses kegiatan atau hasil pengujian dalam laboratorium.

3. Uji Banding antar Laboratorium (UB)

Uji banding adalah evaluasi kinerja pengukuran dan pengujian terhadap lingkup yang sama oleh dua ataupun lebih laboratorium yang sesuai dengan kondisi yang telah ditentukan.

Baca Juga : Referensi Normatif atau Acuan Normatif menurut ISO/IEC 17025:2017

4. Uji Banding didalam Laboratorium

Uji banding ini dilakukan dalam laboratoriuam yang bertujuan untuk melakukan evaluasi kinerja dari pengukuran terhadap sampel yang sama dengan kondisi yang sesuai.

5. Uji Profisiensi

Uji profisiensi ini dilakukan dalam upaya untuk peningkatan mutu suatu laboratorium. Uji ini dilakukan terhadap peserta uji yang terdapat dari berbagai laboratorium dengan cara uji banding antar laboratorium yang mana penilaiannya sudah ditentukan.

6. Laboratorium

Laboratorium merupakan badan yang melakukan kegiatan pengujian atau kalibrasi maupun sampling terkait.

7. Aturan pengambilan keputusan

Dalam kegiatan pengukuran adanya ketidakpastian pengukuran, maka aturan pengambilan keputusan terkait dari ketidakpastian pengukuran dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

8. Verifikasi

Pemenuhan syarat dalam kegiatan pengujian atau kalibrasi serta sampling harus menyediakan bukti yang objektif, sehingga akan mempermudah dalam verifikasi hasil.

Baca Juga : ISO 17025 2017 Pembahasan Lengkap Klausul untuk Praktisi Laboratorium

9. Validasi

Dalam ISO/IEC 17025: 2017 pada klausul 3.9 ini menjelaskan validasi adalah apabila suatu kegiatan dilaboratorium menetapkan persyaratan maka memadai untuk penggunaan pada parameter lainnya.

Sebagai contoh: Kegiatan pengukuran konsentrasi dari massa nitrogen dalam air. Dalam persyaratannya sama juga dapat diterapkan dengan pengukuran terhadap konsentrasi massa nitrogen pada serum manusia.

Demikianlah penjelasan beberapa istilah dan definisi yang sering di sebutkan dalam penerapan ISO 17025 di Laboratorium, semoga informasi yang kami berikan bisa memberikan manfaat untuk sobat mutu sekalian. Terimakasih

Leave a Comment